Seagate baru saja meluncurkan hard disk Enterprise Performance 15K HDD v6 untuk segmen perusahaan dan konsumen cloud. Hard disk dengan kecepatan putaran tinggi ini akan ditawarkan dalam varian kapasitas 300 GB, 600 GB, dan 900 GB dan jauh lebih cepat daripada hard disk 10K dan 15K generasi sebelumnya. Menurut Seagate, Enterprise Performance 15K menawarkan kecepatan transfer data hingga 315 MB/detik. Hard disk enterprise 10K dan 15K sebelumnya menyuguhkan kecepatan sekitar 170 MB/detik hingga 215 MB/detik. Hard disk Enterprise Performance 15K HDD v6 juga hadir dengan fitur untuk meningkatkan performa seperti TurboBoost Enhanced Read Caching, Advanced Write Caching, dan fitur sekuriti serta keamanan seperti sensor kelembaban digital. Hard disk ini akan ditawarkan dalam faktor bentuk ringkas 2,5 inci untuk memaksimalkan ruang datacenter dan agar bisa berjalan di lingkungan datacenter padat, dan hard disk ini juga mendukung antarmuka SAS 12 Gbps.

Synology merupakan perusahaan pembuat NAS (Network-Attached Storage). Perusahaan yang berpusat di Taiwan ini baru saja meluncurkan produk - produk terbarunya untuk mendukung UKM di Indonesia. Seiring berkembangnya ekosistem digital di Indonesia, Synology ingin berusaha memberikan solusi kepada para penggunanya mulai dari skala rumahan, startup, kelompok kerja kecil, perusahaan kecil, menengah hingga perusahaan besar.
Victor Wang selaku Sales Account Manager Synology untuk pasar ASEAN mengatakan, “Indonesia memasuki era informasi dengan sangat cepat, dan memiliki potensi yang luar biasa. Seiring dengan meningkatnya masyarakat digital, kebutuhan akan penyimpanan data juga meningkat pesat. UKM, pengguna rumahan, kelompok kerja kecil, dan usaha kecil-menengah tidak hanya membutuhkan solusi penyimpanan data yang terjangkau dan berkapasitas besar, tapi juga harus mudah dikelola, dan dilengkapi fitur keamanan yang lengkap. Synology memiliki berbagai produk yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan tersebut di era serba canggih ini. Dengan NAS, para pelaku bisnis bisa meningkatkan produktivitas dan keunggulan kompetitif ketika mereka hendak berkompetisi di pasar internasional.”
Melihat besarnya kebutuhan dari segmen UKM tersebut, Synology memperkenalkan produk penyimpanan yang seluruhnya berbasis flash di tahun lalu, khususkan untuk UKM yang membutuhkan server NAS hemat biaya dan berkinerja tinggi. Di bulan April, Synology juga meluncurkan unit penyimpanan terbarunya, DiskStation DS1517+ dan DS1817+, server berjenis 5-bay atau 8-bay yang canggih dan skalabel, bersama dengan Unit Ekspansi DX517, yang mampu meningkatkan efisiensi serta produktivitas pelaku bisnis dan perusahaan kecil/menengah di Indonesia.

DS1517+ dan DS1817+ juga merupakan NAS pertama dari Synology yang mendukung SSD jenis M.2 dan dirancang untuk menghilangkan bottleneck ketika dibebani pekerjaan yang berat serta mengurangi latensi pada I/O secara signifikan. Synology akan meluncurkan DiskStation DS418j pada kuartal ke-3 tahun ini, yang menyasar segmen pengguna rumahan.
Selain itu Synology juga meluncurkan router keduanya, yaitu Synology Router RT2600ac, sebuah router berkecepatan tinggi yang fokus pada keamanan dan dirancang untuk digunakan di rumah maupun di kantor.
Menurut Gartner, lebih dari 40 persen tenaga kerja di dunia akan bekerja secara mobile di tahun 2016, oleh karena itu banyak pelaku bisnis yang membutuhkan solusi akses jarak jauh yang aman dan juga mudah digunakan bagi karyawannya yang bekerja dari rumah atau luar kantor.
Dirancang bagi pekerja mobile, Synology juga menyediakan aplikasi Synology VPN Plus yang akan tersedia bagi seri Router Synology untuk memberikan layanan WebVPN clientless dan juga layanan SSL VPN yang kencang, sangat aman dan intuitif untuk karyawan umum, sambil tetap memungkinkan administrator jaringan untuk melakukan pemantauan lalu-lintas jaringan dan mengendalikannya dari antarmuka pengelolaan yang mudah digunakan.

Komentar